Tiga (3) destinasi wisata sejarah terpopuler di Spanyol

Berikut ini adalah tiga destinasi wisata sejarah terpopuler di negara yang saat ini unggul dalam bidang persepakbolaan dunia tersebut :

Alhambra merupakan perpaduan antara benteng dan istana, yang terletak di selatan Spanyol, dekat kota Granada. Awalnya dibangun sebagai benteng pada tahun 889, kemudian diubah menjadi istana pada tahun 1333 oleh Yusuf I, seorang Sultan dari Granada. Bangunan ini dinamakan Alhambra karena warna dindingnya yang kemerahan.
Alhambra

photo by wikimedia.org

Arsitektur Alhambra bergaya Islami, namun pada masa pemerintahan Charles V, seorang kaisar Romawi yang menduduki Spanyol setelah para bangsawan Katolik menguasai kota Granada pada tahun 1492, Alhambra pun diberi sentuhan bergaya Eropa. 

Sempat mengalami kerusakan dan diabaikan selama berabad-abad, bahkan sempat ditempati oleh para pencoleng dan pengemis, pada abad ke-19 Alhambra mulai direstorasi. Daya pikat Alhambra hingga kini belum pudar. Bangunan yang terdaftar sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1984 ini masih menjadi obyek wisata terpopuler di Spanyol. Tidak sedikit seniman dari segala penjuru dunia yang terinspirasi oleh kecantikan Alhambra.

El Escorial

photo by wikipedia.org

Sejumlah seniman kenamaan asal Spanyol dan Italia memiliki andil besar dalam mendekorasi interior El Escorial. Lukisan-lukisan bergaya Rennaisance dan Baroque merupakan peninggalan tak ternilai sang raja. Begitu pula patung-patung yang menghiasi kompleks ini, membuat setiap pengunjung berdecak kagum, terutama patung San Lorenzo yang berada di bagian depan bangunan utama serta enam patung raja-raja dari kisah Perjanjian Lama di bagian depan basilika. El Escorial juga dinobatkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO dan menjadi landmark Spanyol yang paling sering dikunjungi wisatawan manca negara.
 
Monumen bersejarah ini dulunya adalah tempat tinggal raja Phillip II, terletak di kota kecil San Lorenzo, sekitar 45 km dari Madrid. Adalah arsitek bernama Juan Bautista de Toledo yang merancang El Escorial pada tahun 1559, dengan tujuan menjadikan bangunan ini sebagai monumen untuk mengenang Spanyol sebagai pusat umat Kristen dunia.
Kompleks bangunan El Escorial memiliki empat bangunan utama yang masing-masing dilengkapi dengan menara besar. Berbentuk persegi empat, El Escorial terdiri atas :
• Gereja, dibangun pada tahun 1582
• Biara, istana dan sekolah, dibangun pada tahun 1584
• Perpustakaan, dibangun pada 1592

Sagrada Familia

photo by wikipedia.org
Barcelona, kota terbesar ke-2 di Spanyol memiliki atraksi wisata yang tak pernah sepi pengunjung. Atraksi tersebut berupa sebuah bangunan karya arsitek Antoni Gaudi, bernama Sagrada Familia. Basilika ini mulai dibangun pada tahun 1882 dan hingga saat ini masih belum rampung.

Basilika Sagrada Familia merupakan masterpiece Gaudi. Hampir seumur hidupnya dicurahkan untuk membangun basilika ini dengan gaya neo-gothic di awalnya hingga kemudian diubah menjadi gaya modern. Saat ajalnya tiba, baru satu eksterior, satu ruang bawah tanah, dan satu apsis yang selesai dibangun. Basilika ini rencananya akan dibangun dengan panjang sekitar 95 meter dan lebar 60 meter, serta memiliki 18 menara, sesuai rancangan Gaudi. Gereja Katolik megah yang menjadi landmark terpenting di Barcelona ini kelak akan sanggup menampung 13.000 orang di dalamnya.

Meskipun pembangunan Sagrada Familia masih berlangsung, wisatawan dapat mengunjunginya. Selain melihat makam Gaudi di bawah tanah, pengunjung juga dapat membaca sejarah pembangunan gereja tersebut di museum, serta naik ke puncak menara di mana pengunjung dapat menikmati keindahan kota Barcelona dari ketinggian. Sagrada Familia juga telah terdaftar sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO.

Related Posts:

Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]


Sample 2 “Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 1 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia” . (Bung Karno) “Tidak seorang pun yang menghitung-hitung: berapa untung yang kudapat nanti dari Republik ini, jikalau aku berjuang dan berkorban untuk mempertahankannya”. (Pidato HUT Proklamasi 1956 Bung Karno) “Jadikan deritaku ini sebagai kesaksian, bahwa kekuasaan seorang presiden sekalipun ada batasnya. Karena kekuasaan yang langgeng hanyalah kekuasaan rakyat. Dan diatas segalanya adalah kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa.” (Soekarno) “Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun”. (Bung Karno) “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.” (Pidato Hari Pahlawan 10 Nop.1961) “Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.” – Bung Karno “Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka.” (Pidato HUT Proklamasi 1963 Bung Karno) “……….Bangunlah suatu dunia di mana semua bangsa hidup dalam damai dan persaudaraan……” (Bung Karno) Untuk memilih jenis tomat yang akan ditanam hendaknya sesuaikan dahulu dengan karateristik lokasi. Apabila kebun Anda berada di dataran tinggi pilihlah varietas yang cocok untuk dataran tinggi begitu juga sebaliknya. Benih tomat bisa didapatkan dengan mudah diberbagai toko penyedia saprotan. Apabila Anda sulit mendapatkannya atau harganya terlalu mahal, kita bisa membuatnya sendiri. Caranya dengan menyeleksi buah tomat yang paling baik dari segi ukuran (besar) dan bentuk (tidak cacat). Langahnya sebagai berikut, pilih buah tomat yang akan dijadikan benih. Kemudian biarkan buah tomat tersebut menua di pohon. Setelah cukup tua ambil bijinya dan bersihkan dari lendir yang menyelubunginya dengan air. Setelah itu rendam dalam air, pilih biji yang tenggelam. Kemudian lakukan seleksi sekali lagi terhadap biji tomat, pilih yang bentuknya sempurna(tidak cacat atau keriput). Langahnya sebagai berikut, pilih buah tomat yang akan dijadikan benih. Kemudian biarkan buah tomat tersebut menua di pohon. Setelah cukup tua ambil bijinya dan bersihkan dari lendir yang menyelubunginya dengan air. Setelah itu rendam dalam air, pilih biji yang tenggelam. Kemudian lakukan seleksi sekali lagi terhadap biji tomat, pilih yang bentuknya sempurna (tidak cacat atau keriput).